Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka
Vol. 2 No. 2 (2023): Bulan November

Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sans Vegan Medan

Yuliana Yuliana (Politeknik Cendana, Indonesia)
Arwin Arwin (Politeknik Cendana, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk meningkatkan penjualan UMKM Sans Vegan Medan melalui penerapan strategi pemasaran. UMKM Sans Vegan Medan memproduksi roti vegan sehat dengan kandungan bebas hewani, bebas susu, bebas keju dan bebas telur. UMKM dikelola oleh 1 orang dan merupakan pemilik UMKM. Dikarenakan keterbatasan SDM, UMKM hanya bisa memproduksi sekitar 150-200 pcs roti per minggu. Sedangkan toko roti lain pada umumnya mampu memproduksi paling sedikit 1000 pcs roti per minggu. Hal ini berakibat pada tingkat penjualan roti yang rendah juga. Metode yang digunakan adalah metode wawancara untuk mengetahui situasi UMKM melalui pemilik dan strategi pemasaran yang telah diterapkan. Melalui hasil kegiatan pengabdian, bisa disimpulkan bahwa UMKM Sans Vegan memiliki STP yang bagus dimana produk utama adalah roti yang bisa dikonsumsi oleh anak kecil hingga dewasa dan dengan harga yang terjangkau serta murah. Akan tetapi, penerapan promosi/komunikasi pemasaran masih kurang dikarenakan keterbatasan modal sehingga masyarakat belum begitu mengetahui keberadaan UMKM Sans Vegan sebagai penjual roti vegan sehat. Bahkan, tenaga pengelola yang hanya dijalankan oleh 1 orang pemilik sehingga roti yang diproduksi juga sangat terbatas. Maka, disarankan agar UMKM dapat meningkatkan penjualan dengan perencanaan yang lebih matang seperti melakukan promosi aktif di media sosial.Promosi, Sosial Media, UMKM, Pemasaran, Penjualan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB) published 4 (Four) times a year (February, July, September, November), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural ...