Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk meningkatkan penjualan UMKM Sans Vegan Medan melalui penerapan strategi pemasaran. UMKM Sans Vegan Medan memproduksi roti vegan sehat dengan kandungan bebas hewani, bebas susu, bebas keju dan bebas telur. UMKM dikelola oleh 1 orang dan merupakan pemilik UMKM. Dikarenakan keterbatasan SDM, UMKM hanya bisa memproduksi sekitar 150-200 pcs roti per minggu. Sedangkan toko roti lain pada umumnya mampu memproduksi paling sedikit 1000 pcs roti per minggu. Hal ini berakibat pada tingkat penjualan roti yang rendah juga. Metode yang digunakan adalah metode wawancara untuk mengetahui situasi UMKM melalui pemilik dan strategi pemasaran yang telah diterapkan. Melalui hasil kegiatan pengabdian, bisa disimpulkan bahwa UMKM Sans Vegan memiliki STP yang bagus dimana produk utama adalah roti yang bisa dikonsumsi oleh anak kecil hingga dewasa dan dengan harga yang terjangkau serta murah. Akan tetapi, penerapan promosi/komunikasi pemasaran masih kurang dikarenakan keterbatasan modal sehingga masyarakat belum begitu mengetahui keberadaan UMKM Sans Vegan sebagai penjual roti vegan sehat. Bahkan, tenaga pengelola yang hanya dijalankan oleh 1 orang pemilik sehingga roti yang diproduksi juga sangat terbatas. Maka, disarankan agar UMKM dapat meningkatkan penjualan dengan perencanaan yang lebih matang seperti melakukan promosi aktif di media sosial.Promosi, Sosial Media, UMKM, Pemasaran, Penjualan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023