Metode pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran nahwu. Metode pembelajaran nahwu yang diterapkan di MTs Tanwirul Qulub Lamongan masih menggunakan metode konvensional sehingga menyebabkan permasalahan belajar pada siswa. siswa belum bisa memahami materi nahwu dengan baik, kesulitan dalam menghafalkan materi dan kesulitan dalam membuat contoh penggunaan kaidah-kaidah. Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan metode pembelajaran yang dan sesuai untuk mengatasai persoalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan pemahaman nahwu siswa kelas VIII. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi-eksperimental. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Tanwirul Qulub. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik deskriptif komparatif dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai uji-t pada nilai t-hitung sebesar 3.289 t-tabel dan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 artinya 0,05. Hal ini kemudian dijadikan dasar dalam melakukan uji hipotesis yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti penerapan metode AL-Miftah Lil Ulum efektif dalam meningkatkan pemahaman nahwu dibanding metode konvensional pada siswa kelas VIII MTs Tanwirul Qulub Lamongan.
Copyrights © 2024