Thariqah Ilmiah ; Jurnal ilmu-ilmu kependidikan & Bahasa Arab
Vol 12, No 1 (2024): TARIQAH ILMIAH: JURNAL ILMU-ILMU KEPENDIDIKAN DAN BAHASA ARAB

EFFECTIVENESS OF AL-MIFTAH LIL ULUM METHOD IN IMPROVING UNDERSTANDING OF NAHWU MTS TANWIRUL QULUB LAMONGAN

Evy Nur Rohmawaty (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Munirul Abidin (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Metode pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran nahwu. Metode pembelajaran nahwu yang diterapkan di MTs Tanwirul Qulub Lamongan masih menggunakan metode konvensional sehingga menyebabkan permasalahan belajar pada siswa. siswa belum bisa memahami materi nahwu dengan baik, kesulitan dalam menghafalkan materi dan kesulitan dalam membuat contoh penggunaan kaidah-kaidah. Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan metode pembelajaran yang dan sesuai untuk mengatasai persoalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan pemahaman nahwu siswa kelas VIII. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi-eksperimental. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Tanwirul Qulub. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik deskriptif komparatif dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai uji-t pada nilai t-hitung sebesar 3.289 t-tabel dan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 artinya 0,05. Hal ini kemudian dijadikan dasar dalam melakukan uji hipotesis yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti penerapan metode AL-Miftah Lil Ulum efektif dalam meningkatkan pemahaman nahwu dibanding metode konvensional pada siswa kelas VIII MTs Tanwirul Qulub Lamongan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

THARIQAH ‘ILMIAH merupakan jurnal ilmu kependidikan dan Bahasa Arab. Jurnal ini diterbitkan dua edisi setiap tahun yaitu edisi Juni dan edisi Desember. Tim redaksi menerima tulisan ilmiah baik merupakan hasil pemikiran konseptual maupun hasil penelitian yang berkaitan dengan kajian ilmu ...