Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 6, No 1 (2024)

ANALISIS MISKONSEPSI BERBANTUAN CRI (CERTAINTY OF INDEX) DALAM MODEL PEMBELAJARAN DIFFERENSIASI PADA SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Anita Anita (Unknown)
Billyardi Ramdhan (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Setiono Setiono (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kesalahpahaman siswa dan menjelakan alasan mereka munculnya kesalahpahaman material tentang sistem pernapasan manusia. Penelitian ini termasuk ke dalam metode penelitian kuantitatif diikuti 21 peserta didik kelas VIII di salah satu sekolah di Kabupaten Sukabumi. Instrumen yang digunakan adalah two tier test disertai dengan CRI (Certainty of Index), respon siswa pada model pembelajaran differensiasi berbasis multiple intelligences. Hasil penelitian menunjukan siswa memiliki miskonsepsi terhadap materi sistem pernapasan yang terdiri dari stuktur organ serta fungsinya, mekanisme dan penyakit pernapasan pada manusia 36,90%, adapun ketika di kelompokan menjadi 3 kelompok menjukan peserta didik mendapatkan miskonsepsi pada anak kinestetik 37,50%, anak linguistik 37,50% dan anak visual 35,42%. Kesimpulan dari hasil pembahasan ini faktor yang menyebabkan miskonsepsi terjadinya kesalahpahaman adalah peserta didik beragumentasi dengan keyakinannya sendiri, dan metode pengajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...