Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 6, No 1 (2024)

INTEGRASI PENDEKATAN STEM DAN TRI N PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Al'amin Wachid (Unknown)
Reni Ulviyani (Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta)
Ana Fitrotun Nisa (Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk  mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA dengan integrasi pendekatan STEM dan Tri N (niteni, nirokke, nambahi). Penelitian  tindakan kelas ini menggunakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara, observasi, dan tes.  Teknik  analisis  data  yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui tahapan pengumpulan data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa integrasi pendekatan STEM dan Tri N pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas VI SDN Kradenan dari kondisi awal dengan skor 1,9 menjadi 2,3 pada siklus I dan 3,4 pada siklus II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...