Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Vol 6 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan

Implementasi Metode Talqin dan Nada Muri Q Terhadap Program Tahfidz di SDIT AL ISLAM Sine Ngawi Jawa Timur

Aziz Nuri Satriawan Aziz (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi)
Evvy Lusiana (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi)
Winarti Tri Utami (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Perkembangan pendidikan yang semakin kompetitif, mengakibatkan setiap lembaga pendidikan harus memberikan inovasi pada proses pelaksanaanya. SDIT Al Islam Sine Ngawi adalah lembaga pendidikan yang memiliki tujuan yakni melahirkan penghafal Alquran diusia dasar. Target hafalan adalah 2 juz selama 5 tahun dan khusus kelas 6 adalah Muraja’ah. Metode yang digunakan adalah Metode Talqin dan Nada Muri Q. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan metode Talqin dan nada Muri Q dan dampak terhadap program tahfidz di SDIT Al Islam Sine Ngawi. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif, subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru tahfidz, orang tua dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 20 siswa mampu menghafal juz 29, 4 siswa mampu menghafal 10 surat di juz 29, 3 siswa mampu mengafal 9 surat dan 4 siswa mampu menghafal 7 surat di juz 29, dengan penerapan Metode Talqin dan Nada Muri Q efektif dalam pembelajaran tahfidzul quran kelas 3 di SDIT Al Islam Sine Ngawi, terbukti dari banyak siswa yang mampu mencapai target hafalan quran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPDK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan adalah jurnal peer review yang fokus pada kajian kritis tentang pendidikan dasar, dan dinamika pembelajaran ditingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Selain itu, mengkaji masalah perkembangan pendidikan dasar ...