Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 2 (2024): Didaktika Mei 2024

Implementasi Metode Listening Team Berbasis Point Counter pada Materi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bila Hulu

Fitri Yaningsih (Universitas Labuhanbatu)
Siti Zahara Saragih (Universitas Labuhanbatu)
Panggih Nur Adi (Universitas Labuhanbatu)
Muhammad David (Politeknik Pelayaran Malahayati)



Article Info

Publish Date
08 May 2024

Abstract

Pancasila berperan sebagai ideologi negara dan implementasi nilai-nilainya sangat penting, baik bagi peserta didik maupun masyarakat Indonesia secara umum. Penelitian ini menggunakan metode listening team berbasis point counter untuk materi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dengan harapan siswa dapat lebih memahami dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam aktivitas mereka sehari-hari. Metode ini juga bertujuan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed methods. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas X SMA Negeri 2 Bilah Hulu. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara yang diberikan kepada siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode listening team berbasis point counter dalam pembelajaran nilai-nilai Pancasila memberikan hasil yang sangat memuaskan. Namun, terdapat beberapa siswa yang belum sepenuhnya memahami penggunaan metode tersebut. Oleh karena itu, diharapkan metode ini dapat ditingkatkan agar semua siswa dapat lebih mendalami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...