Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 2 (2024): Didaktika Mei 2024

Pengembangan Rubrik Asesmen Kinerja Siswa Pada Praktikum Titrasi Asam-Basa

Inovayani Saragih (Universitas Negeri Medan)
Ajat Sudrajat (Universitas Negeri Medan)
Saronom Silaban (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
23 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rubrik asesmen kinerja untuk mengukur keterampilan konkret dan abstrak siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas pada Praktikum Titrasi Asam-Basa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dibatasi sampai tahap pengembangan. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui angket validasi kepada 3 orang dosen ahli materi, untuk memperoleh rubrik asesmen kinerja yang valid. Data hasil validasi dianalisis menggunakan pendekatan statistika Aiken’s V. Hasil penelitian diperoleh rubrik asesmen keterampilan konkret terdiri dari 11 tugas kinerja, sedangkan rubrik asesmen keterampilan abstrak terdiri dari 8 tugas kinerja yang valid, dengan koefisien validitas rubrik = 0,96.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...