Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan
Vol 14 No 2 (2022): Volume 14 Nomor 2 Desember 2022

Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Pelajaran SKI

Dedi Sahputra Napitupulu (STIT Al-Ittihadiyah Labuhan Batu Utara)
Mahariah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Hikmah Bayani Situmorang (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Izma Khoiruna (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Djody Priantono (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Viki Rahmadhani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Artikel ini merupakan sebuah penelitian yang bertujuan untuk memberitahukan strategi pembelajaran ekspositori terhadap para pembacanya. Dan akan membahas tentang penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada pelajaran SKI yang merupakan salah satu dari strategi yang dipakai dalam pelaksanaan pembelajaran SKI. Adapun peneliti dalam melakukan riset atau penelitian ini pembahasannya menggunakan metode study pustaka (library research). Mengenai arah atau tujuan dari kegiatan penelitian ini, yaitu upaya menganalisis tentang keefektifan dari strategi.pembelajaran.ekspositori pada pelaksanaan pelajaran SKI pada sekolah. Di mana hasil dari pembahasan ini memperlihatkan bahwa strategi pembelajaran ekspositori cocok untuk digunakan pada pelajaran SKI di sekolah. Pada umunya pembelajaran SKI terkesan monoton dan bahkan membeosankan. Maka dengan adanya strategi pembelajaran ekspositori ini, pembelajaran yang sebelumnya monoton dan membosankan akan menjadi aktif dan menyenangkan. Dan kesimpulan yang didaptkan dari hasil penelitian ini adalah strategi ekspositori cukup efektif digunakan sebagai strategi pembelajaran SKI, siswa aktif dan tidak bosan dalam pembelajrannya. Strategi ekpsositori ini termasuk metode yang dikerjakan guru guna memberikan penjelasan mengenai fakta (suatu hal benar adanya), gagasan bahkan infomasi yang penting lainnya kepada para siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan merupakan jurnal peer-reviewed open-access yang didirikan untuk menyebarluaskan pengetahuan mutakhir di bidang kajian islam dan pendidikan islam. Para editor pada akan meninjau semua naskah yang dikirimkan yang kemudian dievaluasi oleh minimal dua ...