Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki eksistensi pendidikan Islam di Indonesia melalui review hasil dari beberapa jurnal yang telah dipublikasikan sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Systematic Literature Review (SLR), yang memungkinkan identifikasi, peninjauan, evaluasi, dan interpretasi seluruh penelitian yang relevan dengan topik fenomena yang menarik, khususnya terkait dengan pertanyaan penelitian yang telah ditetapkan. Melalui pendekatan ini, dilakukan review dan identifikasi jurnal secara sistematis dengan mengumpulkan dan mereview artikel-artikel yang membahas eksistensi pendidikan Islam di Indonesia yang dipublikasikan dalam rentang waktu 2013 hingga 2023. Sebanyak 56 artikel jurnal atau prosiding telah digunakan dalam penelitian ini, yang diperoleh melalui aplikasi DOAJ, SCOPUS, dan Google Scholar. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep pendidikan Islam di Indonesia, termasuk perkembangan, dinamika, tantangan, integrasi teknologi, serta persepsi dan dukungan masyarakat terhadapnya. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia, serta memberikan landasan yang kuat bagi penelitian lebih lanjut di bidang ini.
Copyrights © 2024