Jurnal Pendidikan
Vol 15, No 1 (2024)

KETERAMPILAN BERTANYA DI SEKOLAH DASAR

Ayu Kusuma Wardani (Universitas Islam Makassar)
Rahma Ashari Hamzah (Universitas Islam Makassar)
Dea Ananda (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Kemampuan untuk bertanya memegang peran yang signifikan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis keterampilan bertanya menggunakan metode library research, yang melibatkan penelusuran dan analisis literatur terkait keterampilan bertanya dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah. Dalam penelitian ini, kami mengidentifikasi definisi keterampilan bertanya, manfaat dan tujuan penggunaannya dalam proses pembelajaran, serta prinsip-prinsip yang harus dipertimbangkan oleh guru. Kami juga merinci komponen dasar dan tingkat lanjutan dari keterampilan bertanya, beserta jenis-jenis pertanyaan yang efektif dan hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan keterampilan bertanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bertanya dapat meningkatkan partisipasi siswa, merangsang rasa ingin tahu, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penting bagi para guru untuk memahami prinsip-prinsip dan komponen keterampilan bertanya agar mereka dapat menyusun pertanyaan yang efektif. Studi ini memberikan sumbangan penting dalam pemahaman lebih lanjut tentang keterampilan bertanya di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Education

Description

JP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, mengeksplorasi, dan mengembangkan penelitian dan/atau pengetahuan tentang berbagai topik dan persoalan pendidikan, agar tersedianya informasi dan wadah ...