Konsep layanan tamu di perguruan tinggi mencakup berbagai aspek yang bertujuan untuk menyambut, memberikan informasi, dan memastikan kenyamanan bagi tamu yang datang ke kampus. Pada umumnya kegiatan layanan pendaftaran tamu pada perguruan tinggi masih manual, baik melalui kunjungan langsung, melalui telepon, email, ataupun surat. Pencatatan secara manual tersebut dengan menggunakan kertas log atau buku tamu secara konvensional sehingga memakan waktu lebih lama selain tidak efesien dalam pengarsipannya, selain itu masalah keamanan yang disebabkan karena tidak ada kegiatan untuk memverifikasi identitas setiap pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan di lingkungan perguruan tinggi melalui pengembangan sistem manajemen pengunjung berbasis web atau sistem manajemen tamu (Visitor Management System). Sistem ini dirancang untuk mengelola kunjungan di lingkungan kampus dengan efisien dan efektif. Metode pengembangan yang digunakan adalah pendekatan rancang bangun prototipe. Penggunaan sistem ini diharapkan dapat membantu dalam memonitor dan mengontrol lalu lintas pengunjung, memfasilitasi proses registrasi, dan memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada pengunjung. Dengan demikian, pengelolaan kualitas layanan di perguruan tinggi dapat ditingkatkan secara signifikan melalui implementasi sistem manajemen pengunjung berbasis web ini. Obyek dari penelitian ini adalah Direktorat Pendidikan pada salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dimulai dari tahapan identifikasi masalah, perancangan sistem, perancangan kode program dan pengujian system. Analisis kebutuhan sistem dilakukan dengan melakukan analisis dari kebutuhan layanan, kendala, dan tujuan sistem melalui wawancara, studi literatur, maupun observasi lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah tersedianya sistem Visitor Management System berbasis WEB dengan beberapa fungsi pengguna dimana masing masing pengguna bisa memasukan data pada form secara online untuk meminta sebagai tamu.
Copyrights © 2024