Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 1 No. 3 (2024): April

Penerapan Metode Wafa dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf Al-Qur’an

Sari, Putri Kartika (Unknown)
Wahyuni, Akhtim (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Wafa dalam pembelajaran pengenalan Al-Qur’an pada anak-anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Insan Kamil Gempol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Subyek penelitian ini adalah wali kelas A dan anak-anak kelas A. Teknik pengumpulan data ini penelitian adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari ini penelitian ini adalah penerapan metode Wafa (Tilawah dan Tahfidz) dalam pembelajaran pengenalan Al-Qur’an kepada anak-anak kelompok A di TKIT Insan Kamil Gempol menggunakan metode TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan) dengan tahapan 5P (pembukaan, pengenalan, pembelajaran, penilaian, dan penutup). Metode ini mengakomodasi modalitas belajar anak (Visual, Auditorial, dan Kinestetik). Selain itu, metode ini juga mengoptimalkan potensi kecerdasan majemuk yang dimiliki anak sehingga dengan menggunakan metode ini suasana belajar Al Quran lebih hidup tidak membosankan, dan nyaman sehingga pembelajaran lebih menyenangkan bagi anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paud

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ISSN 3026-4081 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. PAUD publishes four issues annually in the months of October, January, April, and July. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not ...