Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 1 No. 4 (2024): July

Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Aud di TK Kusuma Indonesia Kabupaten Temanggung

Sahrul, Sahrul (Unknown)
Marfu’ah, Sri (Unknown)
Afiyah, Afiyah (Unknown)
Amaliyah, Siratun (Unknown)
Khotimah, Wulan Jari Husnul (Unknown)
Nabilah, Shinto Via (Unknown)
Kusbiantari, Dyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2024

Abstract

Media kartu bergambar merupakan salah satu jenis media yang berisi gambar yang dibuat untuk menunjang dalam pembelajaran siswa, penggunaan permainan media bergambar pada pembelajaran akan merangsang minat siswa dan dapat memudahkan dalam memahami konsep dan memecahkan masalah. Selain itu, dengan menggunakan media kartu bergambar siswa dapat dengan mudah dan cepat memahami isi pelajaran yang diberikan oleh guru saat menerima materi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu bergambar terhadap peningkatan kemampuan membaca pada anak usia dini, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pemberian tes. Hasil uji validitas isi oleh ahli bahwa instrumen sudah valid karena memiliki nilai lebih dari 0,37 pada pada uji validitas sudah lebi dari (>) 0,6 maka instrumen dapat digunakan dan layak dibagikan di lapangan. hasil uji Paired Samples Statistics terdapat perbedaan nilai rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan dengan selisih sebesar 1.354. Uuji Paired Samples Test bahwa terdapat nilai sig (2-tailed) 0,000 < dari pada 0,05 maka terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran dengan media bergambar terhadap kemampuan membaca anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paud

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ISSN 3026-4081 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. PAUD publishes four issues annually in the months of October, January, April, and July. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not ...