Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 3 (2024): May

Upaya Penerapan Pendidikan Karakter Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar

Ni’mah, Nadhira Tita An (Unknown)
Siregar, Muhamad Ahyar Fadly (Unknown)
Pane, Agnes Agata (Unknown)
Manurung, Celine Soraya Laura (Unknown)
Rajagukguk, Natasya Aulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menenamkan upaya secara mendalam penerapan mengenai pembentukan karakter melalui pendidikan Pancasila pada siswa di Sekolah Dasar. Pendidikan karakter sedari dini agar tertanam nilai nilai moral berakhlak mulia untuk di masa mendatang.  Pembentukan karakter siswa melalui pendidikan Pancasila menjadi suatu hal yang harus dilaksanakan karena siswa tidak hanya dididik secara kognitif tetapi juga mempunyai karakter dan budi pekerti baik sehingga kehidupan menjadi bermakna dan mempunyai tujuan di masyarakat dalam kehidupan. Hasilnya Pancasila mampu membentuk karakter mulai dari kebiasaan hidup mengenai sikap baik, beretika, dan bermoral sehingga dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menelaah, membaca, merangkum berbagai artikel, jurnal, buku sesuai topik bahasan sehingga didapat hasil pembahasan. Kesimpulannya pendidikan karakter Pancasila dapat meningkatkan dan memberi pembelajaran yang tepat pada siswa di sekolah dasar agar menjadi lebih berkarakter siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...