Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 3 (2024): May

Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Literasi Numerasi di Kelas II Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka

Aprilia, Dian (Unknown)
Wardana, Mahardika Darmawan Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

Modul pembelajaran berbasis literasi numerasi sangat dibutuhkan di Kurikulum Merdeka karena bahan ajar yang disediakan oleh sekolah belum bisa memenuhi kebutuhan pembelajaran siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyusun sebuah modul pembelajaran berbasis literasi numerasi di Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat validitas dan kepraktisan modul. Tingkat validitas modul diukur melalui validasi ahli materi dan bahan ajar dengan perolehan persentase 100% untuk masing-masing ahli. Tingkat kepraktisan modul diukur melalui hasil kuisioner siswa kelas II pada uji coba skala kecil dengan perolehan rata-rata 91,25% dan rata-rata 97,84% untuk uji coba skala besar. Berdasarkan hasil tersebut modul pembelajaran berbasis literasi numerasi mendapatkan kriteria sangat valid dan sangat praktis, sehingga layak untuk diterapkan dan diaplikasian pada siswa kelas II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...