Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 3 (2024): May

Menanamkan Jiwa Nasionalisme Melalui Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar

Damayanti, Dewi (Unknown)
Youanda, Elga (Unknown)
Utami, Ridha Mery (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi penanaman jiwa nasionalisme melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di tingkat sekolah dasar. Menggunakan metode literatur review, penelitian ini menganalisis berbagai sumber literatur dan jurnal terkait untuk memahami konsep nasionalisme, implementasi pembelajaran PKn di sekolah dasar, serta efektivitas strategi yang digunakan dalam menanamkan jiwa nasionalisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn memiliki peran strategis dalam pembentukan karakter nasionalisme siswa sekolah dasar. Beberapa strategi efektif yang teridentifikasi meliputi penggunaan metode pembelajaran aktif, integrasi nilai-nilai lokal dalam materi PKn, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Tantangan utama yang dihadapi termasuk keterbatasan waktu pembelajaran dan kurangnya pemahaman guru tentang metode penanaman nilai nasionalisme yang efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penanaman jiwa nasionalisme melalui PKn memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam sistem pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...