Penelitian ini mendeskripsikan implementasi excellent service atau pelayanan prima yang dilakukan oleh kepala sekolah, guru dan tata usaha sekolah dalam kaitannya dengan kepuasan orang tua murid sebagai pelanggan jasa pendidikan di sekolah. Excellent Service merupakan salah satu kompenen penting yang harus dilakukan oleh semua personil sekolah agar orang tua murid yang menggunakan jasa pendidikan di sekolah merasa puas atas pelayanan sekolah dan akhirnya akan terus menyekolahkan anak, cucunya di sekolah ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan excellent service di sekolah terhadap kepuasan pelanggan dalam hal ini orang tua murid sebagai pengguna jasa pendidikan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode survai melalui wawaancara dan observasi kepada sumber data yaitu kepala sekolah, guru dan tata usaha sekolah sebagai pemberi pelayanan serta orang tua murid sebagai penerima pelayanan dalam menggunakan jasa pendidikan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua murid sebagai pelanggan jasa pendidikan di sekolah merasa puas dengan pelayanan terbaik yang dilakukan kepala sekolah , guru maupun tata usaha sekolah. Penerapan excellent service di sekolah memberikan dampak positif terhadap kepuasan orang tua murid sebagai pelanggan jasa pendidikan di sekolah di era pandemic covid 19.
Copyrights © 2022