Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis karakter di Sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhiid Boarding School Putri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasıl penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah ini memiliki visi yang terintegrasi dengan nilai-nilai karakter yang khas kepesantrenan. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 untuk kelas 8 dan 9, dan kurikulum merdeka untuk kelas 7. Terdapat 5 program pembelajaran sebagai pengembangan mata pelajaran agama dan budi pekerti dengan menggunakan kitab seperti aqidah, fiqh, tarikh, akhlak, dan materi kepesantrenan. Dalam perencanaan pembelajaran, guru membuat administrasi guru (Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang terintegrasi dengan nilai-nilai kepesantrenan. Program pembiasaan yang diterapkan di SMP DTBSP meliputi ibadah harian dengan mencatat ibadah harian (mutaba’ah yaumiyyah) dengan didampingi oleh musyrifah. Evaluasi pembelajaran di kelas 8 dan 9 dilakukan dalam penilaian otentik, proyek, ulangan harian, dan Ujian Tengah Semester, dan Ujian Akhir Semester. Penilaian kelas 7 pada kurikulum merdeka mengacu pada modul dan Alur Tujuan Pembelajaran yang terdapat pada buku pedoman guru yang diterbitkan oleh kementerian agama Islam dengan melakukan ujian lisan, praktik dan ujian berbasis proyek.
Copyrights © 2022