Program merdeka belajar merupakan salah satu kemajuan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengkaji tentang gaya komunikasi serta kepemimpinan yang dapat diterapkan oleh Kepala Sekolah dalam optimalisasi dari pelaksanan program merdeka belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka atau study literature terhadap buku, artikel jurnal, dan dokumen penelitian lainnya. Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat beberapa pola komunikasi dan gaya kepemimpinan yang dapat diterapkan untuk membantu dalam memaksimalkan pelaksanaan dari program merdeka belajar. Dalam gaya kepemimpin, maka dapat menerapkan kepemimpinan tranformasional, lalu kepemimpinan demokratis dan manajerial, serta kepemimpinan partisipatif. Sedangkan untuk pola komunikasi, maka dapat menerapkan pola komunikasi interpersonal, komunikasi antar pribadi, dan juga komunikasi administratif. Masing-masing dari gaya kepemimpinan dan pola komunikasi ini dapat diterapkan oleh Kepala Sekolah dan disesuaikan dengan kondisi dari sumber daya manusia yang ada di Lembaga pendidikan masing-masing.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023