Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 12 No. 001 (2023): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam (Special Issue 2023)

PENGARUH PERSEPSI TERHADAP USTADZ, LINGKUNGAN PESANTREN, DAN PENDEKATAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI SANTRI DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN

Muhammad Nurwahidin (Universitas Lampung, Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tesis yang menyatakan bahwa persepsi terhadap ustadz dan persepsi terhadap lingkungan pesantren berpengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui orientasi tujuan dan pendekatan belajar. Uji hipotetik dilakukan dengan 467 responden santri dari lima pesantren di wilayah Jabodetabek. Data dikumpulkan menggunakan instrumen yang terdiri dari skala persepsi terhadap ustadz, skala persepsi terhadap lingkungan pesantren, skala orientasi tujuan, skala pendekatan belajar, dan skala religiusitas. Teknik analisis data untuk menguji model hipotetik dilakukan menggunakan model persamaan struktural (Structural Equation Model atau SEM) dengan bantuan perangkat lunak Linear Structural Relation (LISREL) versi 8.72 dari Joreskog dan Sorbom. Hasil uji model hipotetik menunjukkan dukungan terhadap seluruh hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi terhadap ustadz berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap orientasi tujuan; persepsi terhadap lingkungan pesantren berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap orientasi tujuan; orientasi tujuan berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap pendekatan belajar; dan pendekatan belajar berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap prestasi belajar. Dukungan terhadap model teoritik menunjukkan bahwa penelitian ini memberikan kontribusi penting, misalnya dalam mengukur prestasi belajar dengan indikator religiusitas, serta bagaimana persepsi terhadap ustadz dan lingkungan pesantren mempengaruhi prestasi belajar melalui orientasi tujuan dan pendekatan belajar. Penelitian ini juga melakukan generalisasi terhadap teori taksonomi Bloom, mengembangkan teori tersebut, dan mendukung tren psikologi positif masa kini. Selain itu, penelitian ini memberikan saran teoritis dan praktis. Model hipotetik baru ini perlu diteliti lebih lanjut untuk memperluas generalisasinya, dengan pengembangan yang lebih baru untuk melengkapi keterbatasan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam focuses on publishing articles that contain ideas, research results, and literature studies in the field of Islamic Education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Scope are: Al Quran and Hadith-based Islamic Education, Media and Learning Resources in ...