Al Ibrah Journal of Arabic Language Education
Vol. 5 No. 1 (2022): Al Ibrah: Journal of Arabic Languange Education

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TULISAN PEGON UNTUK SANTRI PONDOK PESANTREN RIYADHUL BADI’AH SUMBER BARU KEC. SUKAMAJU SELATAN KAB. LUWU UTARA

Hasanuddin, Muhammad Irfan (Unknown)
Pamessangi, Andi Arif (Unknown)
Hardiyanti, Indri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Abstrak            Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis tulisan pegon untuk santri Pondok Pesantren Riyadhul Badi’ah Sumber Baru Kec. Sukamaju Selatan Kab. Luwu Utara yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D atau research and development dengan model pengembangan Barg and Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bahan Ajar berbasis Tulisan Pegon adalah sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran dilihat dari penilaian ahli materi (90%) dengan kategori sangat valid, penilaian ahli media (72%) dengan kategori valid dan respon siswa (90%) dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahan ajar berbasis tulisan pegon merupakan salah satu alternative pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru bahasa Arab dalam mengatasi masalah pembelajaran kitab kuning sehingga memudahkan siswa mengikuti proses pembelajaran.Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, tulisan pegon

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ibrah

Publisher

Subject

Religion Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

AL IBRAH is a peer-reviewed academic journal dedicated to advancing scientific knowledge and innovation in Arabic language education. The journal welcomes submissions on Arabic language teaching, classroom innovations, and various applied linguistics subfields. Typically, submissions should range ...