Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA)
Vol. 4 No. 1 (2024): Artikel Riset Maret 2024

Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas dengan Kepuasan sebagai Mediasi pada Nasabah Prioritas Bank Syariah Indonesia di Kepulauan Riau

Lily Sudhartio (Universitas Internasional Batam)
Yulfiswandi (Universitas Internasional Batam)
Ria Anzarika (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Ketentuan keuangan syariah dalam Islam menjadi sebuah fenomena penting dalam bidang keuangan. Fenomena ini telah memberikan kontribusi yang besar dalam membangun sistem keuangan yang lebih adil dan inklusif, serta memberikan solusi bagi beberapa masalah yang dihadapi dalam sistem keuangan konvensional. Perkembangan dan posisi secara umum bank syariah di Kepulauan Riau selalu mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Penelitian ini dilakukan dengan cara survei terhadap 160 nasabah prioritas Bank Syariah Indonesia (BSI) di Kepulauan Riau, Indonesia. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisis menggunakan pendekatan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan software SmartPLS 3.2.9. Penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling. Hasil penelitian mengemukakan bahwa kualitas pelayanan secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, baik tanpa maupun dengan mediasi kepuasan nasabah. Akan tetapi, citra perusahaan dan kualitas produk menunjukkan pengaruh positif walaupun tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, baik tanpa ataupun dengan kepuasan nasabah sebagai mediasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jebma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA) adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis, manajemen dan akuntansi. JEBMA terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan November. JEBMA bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis, manajemen ...