Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Manajemen Pembelajaran Berbasis Portofolio pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas X.a SMAN 2 Labuapi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan alur putaran spiral Kemmis and Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.a yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Validitas instrument dengan menggunakan expert judgement (pendapat ahli). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis yang diperoleh dari Siklus III ini adalah semua kegiatan yang telah direncanakan oleh guru sudah mencapai 92,28% terlaksana dengan baik, dengan demikian indikator pencapaian keberhasilan penelitian untuk aktifitas guru sudah tercapai. Untuk aktifitas siswa juga diperoleh data 93,20% siswa juga terlibat aktif dalam pembelajaran pada siklus III ini sehingga target indikator yang ditentukan guru sebesar 80% siswa terlibat aktif dalam pembelajaran tercapai dengan baik. Sedangkan untuk hasil belajar secara klasikal rata-rata juga sudah mencapai 85,58% dari jumlah siswa di kelas X.a yang tuntas belajar karena nilai yang dimiliki di atas KKM. Jadi dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan Manajemen pembelajaran berbasis portofolio ini berhasil dengan sangat baik.
Copyrights © 2024