Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pelajaran ekonomi pada materi peran pelaku ekonomi kelas X MAS Darul Ulum Al-waliyah”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yaitu penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu dengan jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Adapun rancangan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pretest posttest control groub desain yaitu menggunakan siswa sebagai objek penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelaran Quantum Teaching dan siswa kelas XB sebagai kelas control yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konversional. Dalam penelitian ini terdapat empat uji instrument penelitian yaitu uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya beda. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, test (pre test dan post test) serta dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data diperoleh bahwa apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pelajaran ekonomi pada materi peran pelaku ekonomi. Dengan demikian Hipotesis alternative (Ha) diterima atau disetujui, sedangkan (Ho) ditolak. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan statistic dengan menggunakan aplikasi SPSS menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test kelas eksperimen sebesar 56.25 dan jumlah nilai rata-rata post test 80.00. sedangkan untuk kelas control menggunakan aplikasi SPSS menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test sebesar 57.50 dan nilai rata-rata post test 68.75 dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki nilai yang tidak jauh berbeda.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024