Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research
Vol. 1 No. 3 (2024): MEI-JULI

Mengatasi Hambatan dan Resistensi dalam Implementasi Inovasi Pendidikan: Strategi dan Pendekatan Efektif

Adinda Putri Nurhaliza (Universitas Pendidikan Indonesia)
Chika Fadia Mukaromah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dhesya Andira Rahman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rizky Amalia Hidayat (Universitas Pendidikan Indonesia)
Prihantini (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Mengatasi hambatan dan resistensi dalam mengimplementasikan inovasi dalam pendidikan adalah tantangan yang kompleks namun krusial untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Artikel ini membahas strategi-strategi utama yang dapat diterapkan untuk mengatasi tantangan tersebut. Pertama, pentingnya komunikasi yang jelas dalam menyampaikan alasan, tujuan, dan manfaat inovasi kepada semua pemangku kepentingan (guru, siswa, orang tua) untuk memastikan pemahaman dan dukungan mereka. Kedua, penyediaan pelatihan dan dukungan berkelanjutan bagi guru dan staf lainnya agar mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan. Ketiga, pendekatan bertahap dalam penerapan inovasi untuk mengurangi resistensi dan memberi waktu adaptasi. Keempat, keterlibatan dan umpan balik dari semua pihak yang terlibat untuk memastikan inovasi relevan dan efektif. Kelima, dukungan dari pemimpin yang mendukung dan berkomitmen untuk mempromosikan inovasi. Keenam, pemberian insentif dan penghargaan bagi mereka yang berhasil mengadopsi inovasi dengan baik untuk memotivasi partisipasi. Terakhir, evaluasi dan penyesuaian berkala untuk memastikan implementasi inovasi berjalan lancar dan sesuai tujuan. Dengan pendekatan ini, inovasi dalam pendidikan dapat diimplementasikan dengan lebih efektif dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mister

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of MISTER (Jurnal Penelitian Multidisiplin dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan) focuses on publishing manuscripts of any research (multidisciplinary) within the following areas Education, Economics, Social Sciences, Technology, Engineering, Arts, Law & Ethics, Psychology, ...