Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research
Vol. 1 No. 3b (2024): JULI (Tambahan)

Kinerja Guru di Era Digitalisasi Pendidikan

Maimunah (Universitas IBN Khaldun)
Syarifuddin (Universitas IBN Khaldun)
Muhamad Adittya Kurnia (Universitas IBN Khaldun)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan sumber daya manusia dan mencapai tujuan pembangunan nasional. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional menekankan pentingnya pendidikan dalam kehidupan individu, dengan tujuan mengembangkan kompetensi global. Pendidikan membentuk pola pikir, moralitas, dan perilaku sesuai norma. Pengembangan guru profesional diatur oleh hukum, yang mengharuskan kompetensi, termasuk kemahiran dalam TIK. Teknologi instruksional, khususnya TIK, meningkatkan kualitas pembelajaran. Integrasi TIK telah merata di negara-negara maju. Guru dikembangkan melalui pembelajaran berkualitas, mengakui pentingnya pembelajaran sepanjang hayat. Penelitian ini mengeksplorasi implementasi teknologi komputer untuk meningkatkan kompetensi guru di SDN Parakansalak Bogor, dengan tujuan meningkatkan kualitas pengajaran. Ini mengatasi penggunaan teknologi yang terbatas di sekolah-sekolah Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dampak teknologi pada kinerja guru. Penelitian ini menjembatani kesenjangan dan menyajikan peran teknologi di Sekolah Dasar Negeri Parakan Salak Bogor, meningkatkan kualifikasi pendidik. Observasi pada tanggal 19 Juni 2023, di MIN Pondok Pinang mengungkapkan penggunaan teknologi yang minimal oleh para guru karena keterbatasan keterampilan. Meskipun ada alat seperti layar LCD, penggunaannya jarang karena kompleksitasnya. Untuk mengatasi hal ini, sesi pelatihan pada tanggal 26 Juni 2023, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknologi para guru. Sesi lain pada tanggal 30 Juni 2023, berfokus pada peningkatan keterampilan. Demikian pula, pengamatan selama satu minggu di SDN Parakansalak Bogor mengungkapkan tantangan integrasi teknologi di antara para guru, yang memengaruhi efektivitasnya. Meskipun para guru mengakui pentingnya teknologi, implementasinya menimbulkan kesulitan. Studi ini menekankan adaptabilitas dan kemahiran para guru dalam teknologi untuk pengajaran yang efektif dan pembelajaran interaktif. Perlu dicatat bahwa teknologi meningkatkan pendidikan tetapi membutuhkan keahlian dan pembelajaran yang berkelanjutan. Melalui pengamatan dan pelatihan, studi ini menawarkan wawasan tentang meningkatkan keterampilan guru melalui integrasi teknologi, mengatasi tantangan, dan meningkatkan pendidikan di era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mister

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of MISTER (Jurnal Penelitian Multidisiplin dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan) focuses on publishing manuscripts of any research (multidisciplinary) within the following areas Education, Economics, Social Sciences, Technology, Engineering, Arts, Law & Ethics, Psychology, ...