Polynom: Journal in Mathematics Education
Vol. 2 No. 1 (2022): Maret 2022

Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas

Maisaroh, Dewi (Unknown)
Astuti, Prilia Linda (Unknown)
Ibrahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Penggunaan media pembelajaran baik berbasis teknologi maupun konvensional berperan penting dalam proses pembelajaran, yang mana salah satu fungsinya adalah untuk membangkitkan motivasi dan rangsangan dalam diri siswa untuk belajar. Sehingga, dengan adanya motivasi yang dimilikinya, siswa akan bersemangat untuk mencapai tujuan yang diinginkannya. Akan tetapi, tidak sedikit guru yang telah mengimplementasikan penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dengan teknik pengumpulan data berupa angket yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif menggunakan rumus persentase dengan bantuan software Microsoft Excel 2013 dan teknik analisis statistik inferensial dengan bantuan software SPSS versi 25. Subjek yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah siswa sekolah menengah atas di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa dan kedua variabel memiliki hubungan sedang. Media pembelajaran memberikan pengaruh sebesar 33.7%, sedangkan 66.3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Polynom

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Polynom: Journal in Mathematics Education mencakup penelitian asli dalam pendidikan matematika dan tidak diserahkan ke jurnal atau konferensi lain dari berbagai bidang penelitian seperti penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimental, survei, penelitian tindakan kelas, dll. Jurnal ini ...