Abstrak- Pengembangan keterampilan berbicara merupakan aspek kunci dalam meningkatkan cara berkomunikasi seseorang dalam menyampaikan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi upaya dalam meningkatkan kemampuan berpidato melalui penerapan Model SIUUL (Simak-Ucap-Ulang) sebagai strategi pembelajaran. Model ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang holistik dan terstruktur dalam mengembangkan keterampilan berpidato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini memiliki 2 objek penelitian yang terdiri dari objek formal dan objek material. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model SIUUL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpidato, dengan perbaikan yang signifikan dalam aspek seperti ekspresi verbal, penataan argument, dan kepercayaan diri. Implikasi dari penelitian ini dapat membantu pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan berpidato di lingkungan pendidikan.Kata kunci: Pidato, Model SIUUL, Program Studi Manajemen, MahasiswaAbstract - The development of speaking skills is a key aspect in enhancing an individuals communication abilities for effective information delivery. This research aims to explore and evaluate efforts to improve public speech capabilities through the implementation of the SIUUL Model (Listen-Speak-Repeat) as a learning strategy. This model is designed to provide a holistic and structured learning experience in developing public speaking skills. The research employs a qualitative descriptive method, focusing on two research objects, namely formal and material aspects. Results indicate that the implementation of the SIUUL Model is effective in enhancing speech abilities, with significant improvements observed in verbal expression, argument structuring, and self-confidence. The findings of this research have implications for the development of more effective learning methods to enhance speech skills in educational environments.Keywords : Speech, SIUUL Model, Management Study Program, Collage Student
Copyrights © 2024