Jurnal Pendidikan Nasional
Vol. 2 No. 2 (2022): Desember

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DALAM PENINGKATKAN SOFT SKILL SISWA: LITERATURE REVIEW

Fadilla Ulfah (STKIP Nasional)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Efektifitas pembelajaran secara daring dapat meningkatkan softskill siswa. Metode yang digunakan dalam artikel ini menggunakan metode literature review yang sumbernya diperoleh dari website Google Scholar yang bermasalah dalam 10 tahun terakhir. Karena dalam 13 artikel dilakukan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran online dalam meningkatkan soft skill siswa. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan online sudah efektif, karena mempengaruhi siswa dalam proses pembelajaran, seperti meningkatkan kemampuan keterampilan peserta yaitu siswa mampu belajar secara mandiri dengan memperoleh berbagai sumber yang diperoleh, kemudian siswa dapat mengungkapkan ide atau pemikiran mereka saat berdiskusi karena biasanya pada kelas tatap muka siswa cenderung malu untuk bertanya dan menjawab pertanyaan, pembelajaran online memungkinkan siswa untuk menyesuaikan tempat, waktu belajar dan kecepatan belajar, yang tidak terdapat pada metode pembelajaran tatap muka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Nasional is scientific journal that published papers that contribute to debates in the field of education. This includes educational administration, counseling, educational technology, primary school teacher education, early childhood teacher education, non-formal education, ...