Kondisi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada umumnya, hingga Aceh khususnya, tidak terkecuali Kota Lhokseumawe membuat para guru di sekolah  menengah  atas harus mengajar secara daring. Hal ini menyebabkan guru harus menguasai teknologi informasi secara mumpuni, sekurang-kurangnya menguasai penguasaan internet, menyiapkan materi ajar secara daring, membuat konten pembelajaran secara daring dan mengemas situasi pembelajaran dari tatap muka di kelas menjadi dalam jaring (daring). Model pembelajaran yang digunakan guru dengan menerapkan pembelajaran secara daring dengan berbagai platform yang ada dan serba kekurangan. Ada yang menggunakan video pembelajaran, elearning, google classroom dan lainnya sebagai cara agar eksistensi pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Berbagai mata pelajaran mengalami kondisi yang sama, dan tidak terkecuali pada pelajaran matematika. Pada pelajaran matematika dituntut siswa untuk belajar secara mandiri, mengerjakan soal dan memahami materi dengan cara masing-masing. Model pembelajaran yang digunakan guru tentu mempengaruhi terhadap berbagai kemampuan siswa, termasuk  kemampuan  matematis. Maka oleh sebab  itu, diperlukan sebuah solusi yaitu perlu danya pelatihan dan sosialisasi bagaimana membuat video ajar (video pembelajaran) bagi para guru untuk mengajar pada masa pandemi ini, khususnya pembelajaran yang kreatif dan inovatif, terlebih pada pelajaran matematika menuntut kreativitas guru dalam membuat video pembelajaran matematika. Pengabdian pemberdayaan ini diharapkan dapat menjawab persoalan guru yang mengalami kendala bagaimana membuat video pembelajaran matematika sebagai solusi pembelajaran daring ditengah masa buruk ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022