JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 7, No 1 (2024): JIMB - VOLUME 7 NOMOR 1 MEI 2024

Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Pongongaila Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo

Meldi Kasim Mahajani (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo.)
Lisda L Asi (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo.)
Andi Yusniar Mendo (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo.)



Article Info

Publish Date
04 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat secara parsial.Penelitian ini menggunakan 2485 populasi dan 96 sampel responden masyarakat desa Pongongaila. Di Desa Pongongaila Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel non probability sampling dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat Desa Pongongaila Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo. Hal ini menunjukkan jika semakin baik kualitas Pelayanan yang dilakukan oleh seorang aparatur maka kepuasan masyarakat di Desa Pongongaila Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo juga akan ikut meningkat. Nilai R squer adalah sebesar 0,138 menunjukan Variabel kualitas layanan dalam menjelaskan variabel kepuasan masyarakat sebesar 13,8% sedangkan sisanya 86,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dan dijelaskan dalam penelitian ini, seperti motivasi dan kinerja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...