JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 4 No. 2 (2024): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Word Problem Materi Matriks Ditinjau dari Literasi Siswa

Nurun Nadzifah (Universitas PGRI Semarang)
FX Didik Purwosetiyono (Universitas PGRI Semarang)
Farida Nursyahidah (Universitas PGRI Semarang)
Padmi Susilawati (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa SMA dalam menyelesaikan soal word problem pada materi matriks dilihat dari kemampuan literasi siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa kelas XI.A-1 SMA Negeri 11 Semarang, kemudian dapat dipilih 3 orang berdasarkan tingkat kemampuan literasi siswa, yaitu 1 subjek dengan kemampuan literasi siswa yang tinggi,  1 subjek dengan kemampuan literasi siswa yang sedang, dan 1 subjek dengan kemampuan literasi siswa yang rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen berdasarkan kemampuan literasi siswa, tes soal word problem, dan wawancara untuk memunculkan pemikiran kreatif. Keabsahan data ini menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa berkemampuan literasi tinggi mampu menerapkan 4 indikator berpikir kreatif yaitu lancar dalam berpikir (fluency), berpikir luwes (flexibility), berpikir orisinil (originality), dan berpikir merinci (elaboration). 2) Siswa kemampuan sedang pada literasinya hanya mampu menyelesaikan masalah dengan 2 indikator yaitu kepekaan (problem sensitivity), lancar berpikir (fluency), berpikir merinci (elaboration). 3) Siswa kemampuan rendah pada literasinya belum mampu menyelesaikan masalah dengan 4 indikator berpikir kreatif. Kesimpulanya bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal word problem materi matriks dapat memenuhi semua indikator berdasarkan tingkat literasi yang dimiliki siswa masing-masing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...