JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 4 No. 2 (2024): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Bangun Ruang Sisi Datar terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa SMP

Oktavia, Serly (Unknown)
Ardiawan, Yadi (Unknown)
Haryadi, Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan memperoleh kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran berbasis web terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi unsur-unsur bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian Research and Development (RnD). Dari hasil penilitian pengembangan media pembelajaran berbasis web pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak dapat disimpulkan bahwa: Pertama: peneliti menggunakan modifikasi model 3-D yaitu tahap define, design, develop dari model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan. Kedua: Media memiliki kevalidan mencapai rata-rata 90,41% dengan kriteria sangat valid, kepraktisan memiliki rata-rata 93% dengan kriteria sangat praktis, dan tingkat keefektifan dari uji coba pretest dan posttest pada N-Gain sebesar 73,86% dengan kriteria cukup efektif. Ketiga: Media dikemas dan ditampilkan dengan menarik menggunaan gambar, audio, serta latihan soal yang tidak membosankan. Hal ini membantu menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan membantu siswa untuk memperdalam ilmu dengan lebih antusias.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...