Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (2)

Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Gaya Belajar Siswa SMK Cengkareng Jakarta

Fatihah, Almaa Zahratul (Unknown)
Nuraini, Nuraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa SMK Cengkareng Jakarta yang belum memahami gaya belajar yang dimilikinya, serta masih mengalami kesulitan dalam mengelola emosi di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap gaya belajar siswa SMK Cengkareng Jakarta. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dan sampel pada penelitian ini sebanyak 35 orang siswa, dengan menggunakan metode pengambilan sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian diperoleh melalui perhitungan dengan skala Guttman. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikansi 0,002 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap gaya belajar siswa SMK Cengkareng Jakarta.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...