Jurnal Perspektif
Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Perspektif: Volume 7 Nomor 2 Tahun 2023

Motivasi Belajar Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit

Firni Widiastuti (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Tika Karlina Rachmawati (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Neng Risya Safitri Haryadi (Manajemen Keuangan Syariah)
Yuli Tri Wiyanto (SMAN 1 Padalarang)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2023

Abstract

Hasil belajar yang optimal merupakan tolak ukur keberhasilan suatu pembelajaran. Banyak factor yang mempengaruhi agar mencapai hasil belajar yang optimal salah satunnya yaitu motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Diskrit. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung semester VI. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 25% dari seluruh populasi atau sebanyak 33 orang mahasiswa dari keseluruhan 132 mahasiswa semester VI. Pengambilan sampel mengunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan metode Kuesioner (angket) dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, heteroskedatisitas, multikolinearitas dan autokorelasi, serta uji hipotesis. Perangkat lunak yang digunakan untuk pengolahan data adalah IBM SPSS Statistics 25 dan STATA versi 17. Hasil penelitian membuktikan bahwa motivasi belajar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Diskrit

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Other

Description

Multidicipliner: Social Science, Law and Islamic Law, Education, Politic, Science and Technology, Languistic. ...