DIMASEKA
Vol 2 No 01 (2024): April 2024

PENDAMPINGAN SISWA DALAM PENGGUNAAN SIMPLE PRESENT TENSE: Pembelajaran Simple Present Tense untuk Siswa SMP N 7 Batang

Panuntun, Ida Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Proses pembelajaran dilaksanakan secara bertahap pada pembelajaran struktur Bahasa Inggris. Tenses menjadi pedoman utama dalam penyusunan kalimat efektif. Simple Present Tense adalah bentuk tenses dasar yang harus dikuasai oleh para siswa SMP N 7 Batang. Justifikasi masalah yang muncul adalah 1) kesulitan siswa SMP N 7 Batang dalam memahami komponen kalimat aktif dan 2)kesulitan siswa SMP N 7 Batang dalam menggunakan kata kerja dan keterangan waktu dalam pola Simple Present Tense. Penyelenggaraan pengabdian ini dilaksanakan dalam 4 tahap dan telah berjalan secara lancar. Tahap 1) sosiliasasi, 2) pelatihan, 3) pendampingan dan 4) evaluasi. Pada tahap sosialisasi, kegiatan yang dilakukan adalah wawancara kepada guru dan pelaksanaan pre test. Tahap berikutnya adalah tahap pelatihan berisi pemberian materi yang diawali dengan brainstorming dan pengajaran Simple Present Tenses. Tahap selanjutnya adalah pendampingan kepada siswa-siswa yang sedang menyelesaikan penugasan berkaitan pola Simple Present Tense. Tahap akhir adalah evaluasi yang berisi kegiatan post test. Hasil dari kegiatan pengabdian tersebut menunjukkan adanya peningkatan dengan data sebagai berikut: (1) Siswa sangat paham definisi Simple Present Tense, (2) Siswa sangat paham dalam menggunakan formula Simple Present Tense dengan komponen dengan benar dan (3) Siswa paham dalam membuat kalimat Simple Present Tense dengan kata kerja dan keterangan waktu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dimaseka

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

The focus and scope of this journal publication are conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of community service related to Economic and Social Humanities issues, which cover disciplines such as: Accounting, Management, Finance, Entrepreneurship, ...