Journal of Civil Engineering and Vocational Education
Vol. 10 No. 2 (2023): June 2023

Pengaruh Tanah Lanau Berpasir Pada Nilai CBR Tanah Subgrade Jalan

Onie Wardani (Teknik Sipil, Teknik, Universitas Kadiri)
Andri Dwi Cahyono (Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri)
Friska Windi Meira Aisyah (Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri)
Yuzi Melia Adi Putri (Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri)
Dicko Mahendra (Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri)
Ahmad Khoirul Anam (Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri)
Angga Risnanda (Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Jalan raya adalah infrastruktur yang menghubungkan suatu daerah dengan daerah lainnya. Dalam perencanaan jalan raya, pemilihan material subgrade yang tepat sangat penting untuk menjaga keamanan dan ketahanan jalan. Dalam upaya memastikan keamanan dan ketahanan jalan, maka perlu adanya penelitian dan penyelidikan terkait karakteristik tanah subgrade jalan. Tanah lanau berpasir merupakan campuran dari lanau dan pasir yang dapat ditemui di daerah dengan tingkat genangan air yang tinggi, seperti di daerah Ngasem Kabupaten Kediri. Tanah lanau berpasir juga memiliki komposisi yang bervariasi, termasuk kandungan pasir, lempung, dan bahan organik. Hal ini dapat mempengaruhi hasil pengujian dan interpretasi data. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu dilakukan pengujian CBR. Pengujian CBR digunakan untuk mengukur kekuatan tanah dan mengevaluasi kelayakan penggunaannya sebagai subgrade jalan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tanah lanau berpasir di daerah Ngasem mampu menahan tekanan dan memberikan dukungan struktural yang memadai pada konstruksi jalan. Hasil uji tanah lanau berpasir di daerah Ngasem memiliki kadar air optimum sebesar 14%, densitas kering maksimum 1,40 g/cm3, densitas kering design 1,33 g/cm3 dengan persentase 95%, dan CBR design sebesar 43%. Berdasarkan hasil pengujian CBR, tanah lanau berpasir tersebut termasuk dalam presentase baik, sehingga memberikan kontribusi penting dalam pengembangan perencanaan jalan raya yang berkelanjutan dengan memanfaatkan sumber daya lokal secara efektif. Dengan demikian, dapat tercipta jalan raya yang aman, tahan lama, dan memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CIVED

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Environmental Science Transportation

Description

CIVED Is a periodical scientific journal published three times a year, in March, June and September by the Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Padang State University. The CIVED journal is a medium for publishing the results of scientific research by students, academics, ...