Journal of Comprehensive Science
Vol. 3 No. 7 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS)

Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2020 di MAN 2 Kab Bandung

Nugraha, Mulyawan Safwandy (Unknown)
Rochimat, Hendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) tahun 2020 di MAN 2 Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam memperbaiki kualitas pendidikan telah mengikuti standar yang ditetapkan dalam IASP tahun 2020. Faktor-faktor seperti komunikasi yang efektif, pemberdayaan staf, dan pengelolaan sumber daya secara efisien menjadi kunci keberhasilan dalam peningkatan kualitas pendidikan. Studi ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mencapai standar akreditasi yang ditetapkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcs

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This journal publishes research articles covering multidisciplinary sciences, which includes: Humanities and social sciences, contemporary political science, Educational sciences, religious sciences and philosophy, economics, Engineering sciences, Health sciences, medical sciences, design arts ...