Banun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 2 No 1 (2024): Vol 2 No 1 (2024) BANUN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

Pendidikan Agama Anak Usia Dini di Madrasa Islamic Cultural Center Itaewon Seoul Korea Selatan

Ulumudin, Ihya (Unknown)
Arifin, Jeje Zenal (Unknown)
Bahrum, Mohamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis pendidikan agama anak usia dini di Madrasa Islamic Cultural Center Itaewon (ICCI), Seoul, Korea Selatan. Menggunakan pendekatan mixed-methods yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, dan kuesioner yang diberikan kepada 30 anak, 25 orang tua, serta 7 guru dan pengelola ICCI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran yang interaktif dan berbasis aktivitas, termasuk penggunaan teknologi pendidikan, efektif dalam menarik minat dan meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap nilai-nilai Islam. Dukungan dari komunitas Muslim di Itaewon dan keterlibatan aktif orang tua berperan penting dalam keberhasilan pendidikan agama ini. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan perbedaan bahasa yang dihadapi oleh anak-anak dari latar belakang budaya yang beragam. Untuk mengatasi tantangan ini, rekomendasi meliputi peningkatan pelatihan guru dan penyediaan materi pembelajaran yang lebih sesuai dengan konteks multikultural. Kesimpulannya, pendidikan agama di ICCI berhasil membangun fondasi spiritual yang kokoh bagi anak-anak usia dini di lingkungan yang mayoritas non-Muslim, meskipun perlu adanya penyesuaian dan peningkatan berkelanjutan dalam program pendidikan yang ditawarkan. Kata Kunci : Pendidikan Agama, Anak Usia Dini, Madrasa, Islamic Cultural Center Itaewon, Korea Selatan, Pendidikan Multikultural

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BANUN

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. This journal presents original research on matters relating to early childhood education. Therefore, the main focus of this journal is: 1. Early childhood care 2. Innovation in early childhood learning 3. Early childhood nutrition 4. PAUD curriculum and ...