cover
Contact Name
Cepi Ramdani
Contact Email
Cepi Ramdani
Phone
+6283816316230
Journal Mail Official
piaud@albadar.ac.id
Editorial Address
Kampus STAI Al Badar Cipulus Purwakarta Jl. Kp. Pesantren Cipulus, RT/RW 07/03, Desa. Nagrog, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta, 41174
Location
Kab. purwakarta,
Jawa barat
INDONESIA
Banun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 3031268X     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. This journal presents original research on matters relating to early childhood education. Therefore, the main focus of this journal is: 1. Early childhood care 2. Innovation in early childhood learning 3. Early childhood nutrition 4. PAUD curriculum and assessment 5. Growth and development 6. Perspective on early childhood Islamic education 7. Technological innovation in early childhood education.
Articles 30 Documents
PEMAHAMAN SANTRI TREHADAP KITAB AKHLAQU LILBANIN BAB ADABUT TILMIDZ MA`A USTADZIHI (ADAB ATAU SOPAN SANTUN MURID TERHADAP GURUNYA) HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU MEREKA SEHARI-HARI) Zenal Arifin, Jeje; Ramdani, Cepi; Khoirunnisa, Indah
Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2023): Vol 1 No 1 (2023) BANUN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
Publisher : Prodi PIAUD STAI Al Badar Cipulus Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Islam pada anak usia dini masa Rasulullah Saw merupakan pendidikan Islam anak usia dini pertama dalam sejarah Islam yang mesti dipahami sebagai suatu metodologi, edukasi serta ibrah yang mesti digali tentang bagaimana Rasulullah Saw didalam merencanakan pendidikan bagi generasi Islam yang mesti diketahui oleh kita yang hidup di masa sekarang. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, pengalaman dan studi literatur yang semua data itu diolah dan diterjemahkan dalam bentuk tulisan utuh. Temuannya adalah bahwa pendidikan Islam telah dimulai sejak Rasulullah Saw mendapatkan perintah untuk menyampaikan kebenaran Islam di Mekah. Adapun pembelajaran Islam kepada anak usia dini dibangun ketika Rasulullah Saw menjadi pemimpin agama dan kepala negara di Madinah dengan menunjuk guru-guru Islam dari para sahabat untuk mengajarkan Islam melalui media pembelajaran manusia, anggota badan dan lingkungan sebagai media pembelajaran yang efektif. Adapun tempat untuk belajar mengajar anak usia dini adalah Mesjid dan Kuttab yang substansi pembelajarannya dengan cara menghafal dan membaca Al-Qur’an secara intensif.
ANALISIS PAKET WISATA EDUKASI DESA CISAAT BAGI PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI Jaelani Husni; Mohamad Bahrum; Dila Amelia
Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2023): Vol 1 No 1 (2023) BANUN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
Publisher : Prodi PIAUD STAI Al Badar Cipulus Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desa Wisata Cisaat merupakan salah satu desa di Kecamatan Ciater Kabupaten Subang yang memiliki pesona wisata yang memikat, salah satunya adalah menawarkan paket wisata edukasi bagi seluruh kalangan, tidak terkceuali bagi anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, pengalaman dan studi literatur yang semua data itu diolah dan diterjemahkan dalam bentuk tulisan utuh. Temuannya adalah diantara banyak paket wisata Desa Cisaat, ada beberapa kategori paket yang sangat cocok bagi pengembangan motorik kasar bagi anak usia dini, seperti menanam sayuran, kunjungan ke peternakan sapi perah hingga melihat perunjukan Sisingaan adalah rekomendasi yang layak untuk dicoba pada paket wisata edukasi Desa Wisata Cisaat Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang.
POLA PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI MASA RASULULLAH SAW Jaelani Husni; Ujang Miftahudin; Siti Patimah Tul Jahra
Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2023): Vol 1 No 1 (2023) BANUN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
Publisher : Prodi PIAUD STAI Al Badar Cipulus Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Islam pada anak usia dini masa Rasulullah Saw merupakan pendidikan Islam anak usia dini pertama dalam sejarah Islam yang mesti dipahami sebagai suatu metodologi, edukasi serta ibrah yang mesti digali tentang bagaimana Rasulullah SAW didalam merencanakan pendidikan bagi generasi Islam yang mesti diketahui oleh kita yang hidup di masa sekarang. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, pengalaman dan studi literatur yang semua data itu diolah dan diterjemahkan dalam bentuk tulisan utuh. Temuannya adalah bahwa pendidikan Islam telah dimulai sejak Rasulullah Saw mendapatkan perintah untuk menyampaikan kebenaran Islam di Mekah. Adapun pembelajaran Islam kepada anak usia dini dibangun ketika Rasulullah SAW menjadi pemimpin agama dan kepala negara di Madinah dengan menunjuk guru-guru Islam dari para sahabat untuk mengajarkan Islam melalui media pembelajaran manusia, anggota badan dan lingkungan sebagai media pembelajaran yang efektif. Adapun tempat untuk belajar mengajar anak usia dini adalah Mesjid dan Kuttab yang substansi pembelajarannya dengan cara menghafal dan membaca Al-Qur’an secara intensif.
BERMAIN PASIR UNTUK ANAK SERING MENANGIS Iis Basyiroh; Cepi Ramdani; Fajrin Nur Padmi
Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2023): Vol 1 No 1 (2023) BANUN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
Publisher : Prodi PIAUD STAI Al Badar Cipulus Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menangis adalah ungkapan kesedihan yang wajar bagi tiap individu. Bayi menangis adalah cara komunnikasi dengan orang tuanya untuk mengungkapkan ketidaknyamanan atau kebutuhan yang harus segera terpenuhi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode historis, yaitu terdiri dari 1) Heuristik 2) Kritik 3) Interpretasi dan 4) Historiografi. Secara praktis penelitian ini dilakukan dengan cara studi pustaka, yakni sebuah tahap dengan mengumpulkan literatur yang berkaitan dengan judul penelitian untuk diadaptasi, dikonversi bahkan dikorborasi agar mengashilkan tulisan yang utuh, mengena dan dapat dipertanggung jawabkan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu terapi sangat efektif diterapkan kepada anak jika tadinya sering menangis di rumah atau di sekolah bisa lebih mengendalikan emosinya dan tidak menangis jika tidak perlu menangis. Terapi ini bukan satu-satunya solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi orang tua atau guru. Tetapi terapi bermain pasir ini salah satu cara kita mengetahui perasaan anak dan mencari solusi bersama-sama dengan orang tua atas permasalahan yang dihadapi.
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN SOSIAL TERHADAP EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI Rian Herdiyana; Rita Lestari; Mohamad Bahrum
Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2023): Vol 1 No 1 (2023) BANUN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
Publisher : Prodi PIAUD STAI Al Badar Cipulus Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara perkembangan sosial dan emosional pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan kuesioner pada 50 orang anak di kota X yang berusia 3-5 tahun. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kecerdasan emosional dan ceklis observasi perilaku sosial. Penelitian ini menemukan bahwa anak-anak dengan tingkat sosialisasi yang lebih tinggi cenderung memiliki kemampuan emosional yang lebih baik. Dengan begitu maka adanya hubungan positif antara keterampilan sosial dan stabilitas emosional. Hasil menunjukkan bahwa interaksi sosial memainkan peran penting dalam perkembangan emosi anak. Anak yang sering berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa dalam setting yang positif cenderung memiliki regulasi emosi yang lebih baik dan respon emosional yang lebih matang. Selain itu, dukungan sosial dari keluarga dan guru juga berperan penting dalam perkembangan emosi yang sehat. Konflik sosial, seperti perundungan atau ketidakstabilan lingkungan rumah, dapat menghambat perkembangan emosi anak. Intervensi dini, seperti pendidikan emosi dan pelatihan keterampilan sosial, ditemukan efektif dalam mendukung perkembangan emosional yang sehat. Kesimpulannya, pemahaman tentang hubungan antara perkembangan sosial dan emosi pada anak usia dini esensial bagi pendidik, orangtua, dan profesional kesehatan mental untuk mendukung perkembangan emosi yang optimal pada anak.
Strategi Pengembangan Matematika Awal Anak Usia Dini Bahrum, Mohamad; Ramdani, Cepi; Samsiah, Siti
Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2023): Vol 1 No 2 (2023) BANUN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
Publisher : Prodi PIAUD STAI Al Badar Cipulus Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Perkembangan kognitif sangat penting bagi anak usia dini. Salah satu pengembangan kognitif yang baik yaitu melalui pendidikan matematika awal untuk AUD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan matematika awal untuk anak usia dini. Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu studi literatur dengan mengumpulkan berbaga literatur yang relevan dengan fokus penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan baik bagi orang tua maupun gutru untuk mengembangkan matematika awal anak usia dini diantaranya yaitu dengan menggunakan media flashcard augmented reality, interaktif puzzle angka, dan media papan semat. Hal tersebut dapat dijadikan sebuah referensi untuk guru maupun orang tua dalam upaya mengembangkan kemampuan matematika awal anak usia dini. Kata Kunci : Matematika, anak usia dini, Kognitif. ABSTRACT: Cognitive development is very important for early childhood. One good cognitive development is through early mathematics education for AUD. This research aims to determine early mathematics development strategies for young children. The research design used is a literature study by collecting various literature that is relevant to the research focus. The results of this research show that there are various ways that can be done by both parents and teachers to develop early childhood mathematics, including by using augmented reality flashcard media, interactive number puzzles, and embedded board media. This can be used as a reference for teachers and parents in efforts to develop early childhood mathematical abilities.". Keywords: Mathematics, early childhood, Cognitive.
Peran Guru Dan Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Anak Usia Dini Basyiroh, Iis; Husni, Jaelani; Permana, Yusup
Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2023): Vol 1 No 2 (2023) BANUN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
Publisher : Prodi PIAUD STAI Al Badar Cipulus Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Perkembangan literasi pada anak berkaitan erat dengan kemampuan membaca dan menulis pada anak. Tujuan utama literasi pada anak adalah anak mempunyai minat untuk membaca dan senang membuka buku dan gemar membaca. Bagaimana cara menstimulus minat baca anak dan Kapan pembelajaran membaca dan menulis seharusnya diberikan kepada anak? Haruskah sedini mungkin?. Jika anak mampu membaca dan menulis sedini mungkin, apakah setelah mereka dewasa akan gemar membaca dan menulis?. Peran guru dan orang tua dalam mengembangkan literasi pada anak usia dini sangat penting. Cara guru dan orang tua mengajarkan membaca dan menulis juga penting diperhatikan. Apakah guru atau orang tua memaksa anak-anak segera mampu membaca dan menulis? Atau guru dan orang tua menghargai masa kanak-kanak sehingga mengajarkan membaca dan menulis pada anaknya dengan bermain dan bersenang-senang?. Untuk itu peneliti tertarik untuk meneliti dan menganalisa peran guru dan peran orang tua dalam pengembangan literasi pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat pospositivistik. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Kata kunci : Peran Guru, Peran Orang Tua dan Perkembangan Literasi Anak Usia Dini ABSTRACT: Literacy development in children is closely related to the ability to read and write in children. The main goal of literacy in children is that children have an interest in reading and like to open books and like to read. How to stimulate children's interest in reading and when should learning to read and write be given to children? Should it be as early as possible? If the child is able to read and write as early as possible, whether young adults will love to read and write?. The role of teachers and parents in developing literacy in early childhood is very important. How to teachers and parents to teach reading and writing also important. Whether teachers or parents force children to soon be able to read and write? Or teachers and parents appreciate childhood to teach reading and writing to his son to play and have fun ?. For that researchers interested in studying and analyzing the role of the teacher and the role of parents in the development of literacy in early childhood. This study used a qualitative. The research instrument was a researcher himself by collecting data through observation, in-depth interviews and documentation. Keywords: Role of Teachers, The Role of Parents and Literacy Development in Early Childhood
Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter Ramdani, Cepi; Miftahudin, Ujang; Latif, Abdul
Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2023): Vol 1 No 2 (2023) BANUN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
Publisher : Prodi PIAUD STAI Al Badar Cipulus Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Keluarga juga memiliki arti ikatan yang terbentuk oleh rasa persaudaran dan kasih sayang sesama baik dalam lingkup unit sosial terkecil atau unit sosial yang lebih luas. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keluarga dalam pendidikan karakter anak. Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu studi literatur dengan mengumpulkan berbaga literatur yang relevan dengan fokus penelitian. Hasil penelitian ini menjabarkan terkait fungsi keluarga diantaranya fungsi edukasi, fungsi proteksi/perlindungan, fungsi afeksi/kebersamaan, fungsi sosialisasi / tugas kewajiban, fungsi reproduksi, fungsi religi, fungsi ekonomi, fungsi rekreasi tempat lingkungan yang nyaman, fungsi biologis dan fungsi transformasi / pewarisan tradisi atau budaya. Peran keluarga dalam pendidikan akhlak bagi anak dan tahapannya Keluarga merupakan institusi yang pertama kali bagi anak dalam mendapatkan pendidikan dari orangtuanya. Kata Kunci : Peran Keluarga, anak usia dini, Pendidikan Karakter. ABSTRACT: Family also means bonds formed by a sense of brotherhood and affection for others, whether within the scope of the smallest social unit or a wider social unit. This research aims to determine the role of the family in children's character education. The research design used is a literature study by collecting various literature that is relevant to the research focus. The results of this research describe family functions including educational functions, protection/protection functions, affection/togetherness functions, socialization/obligatory functions, reproductive functions, religious functions, economic functions, recreation functions in a comfortable environment, biological functions and transformation/inheritance functions. tradition or culture. The role of the family in moral education for children and its stages. The family is the first institution for children to receive education from their parents. Keywords: Family Role, early childhood, Character Education
Pentingnya Strategi Pembelajaran Vocabulary Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Ulumudin, Ihya; Herdiyana, Rian; Siti Nurfatimah, Neneng
Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2023): Vol 1 No 2 (2023) BANUN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
Publisher : Prodi PIAUD STAI Al Badar Cipulus Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang diakui oleh dunia, tidak sedikit negara-negara maju menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, percakapan sehari-hari, laporan suatu kegiatan, konferensi, bisnis, diplomasi, politik, pendidikan dan lain-lain. Bahasa Inggris juga menjadi bagian terpenting yang tidak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan Indonesia khususnya pada fase dan elemen dasar. Vocabulary bahasa Inggris yang diberikan kepada anak usia dini memberikan nilai positif tersendiri bagi mereka dalam meningkatkan kemampuan berbahasa dan komunikasi. Semakin banyak vocabulary bahasa Inggris yang diketahui, semakin besar kemampuan dalam memahami apa yang didengar dan dibaca, dan semakin besar pula kemampuan dan keterampilan untuk bisa mengatakan dan menulis apa yang ingin disampaikan. Strategi pembelajaran vocabulary bahasa Inggris pada anak usia dini menjadi penting untuk diimplementasikan dengan baik dan tepat dengan kondisi peserta didik yang heterogen. Bagaimana strategi pembelajaran vocabulary bahasa Inggris pada anak usia dini? Seberapa penting strategi tersebut jika diterapkan? dan adakah efek positif yang didapat?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara secara personal, dan melalui media yang disediakan. Strategi pembelajaran vocabulary bahasa Inggris pada anak usia dini dinilai sangat penting untuk diterapkan. Guru dituntut untuk bisa berinovasi, berkreasi, dan berdiferensiasi dalam menerapkan strategi pembelajaran. Zaman dimana terjadi perubahan yang sangat cepat ini mendorong guru untuk bisa mengantarkan dan mendampingi peserta didik menjadi generasi emas yang kompetitif dan memiliki daya saing yang tinggi melalui bahasa Inggris, sehingga diharapkan ada dampak positif yang terlihat pada perkembangan pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam bahasa Inggris. Kata kunci : Strategi Pembelajaran, vocabulary bahasa Inggris, anak usia dini, penting ABSTRACT: English is an international language recognized by the world, quite a few developed countries use English as a language of instruction, daily conversation, reports on activities, conferences, business, diplomacy, politics, education and so on. English is also the most important part that cannot be separated from the world of Indonesian education, especially in the basic phases and elements. English vocabulary given to young children provides positive value for them in improving language and communication skills. The more English vocabulary you know, the greater your ability to understand what you hear and read, and the greater your ability and skills to be able to say and write what you want to convey. It is important to implement strategies for learning English vocabulary in early childhood to be implemented well and appropriately with the heterogeneous conditions of students. What are the strategies for learning English vocabulary in early childhood? How important is this strategy if implemented? and are there any positive effects obtained? This research uses qualitative research by collecting data through observation, personal interviews, and through the media provided. The strategy for learning English vocabulary in early childhood is considered very important to implement. Teachers are required to be able to innovate, be creative and differentiate in implementing learning strategies. This era of very rapid changes encourages teachers to be able to deliver and accompany students to become a golden generation that is competitive and has high competitiveness through English, so that it is hoped that there will be a visible positive impact on the development of students' understanding and skills in English. Keywords: Learning strategies, English vocabulary, early childhood, important
Peran Pendidikan Karakter pada Peserta Didik Arifin, Jeje Zenal; Ulumudin, ihya; Dasih
Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2023): Vol 1 No 2 (2023) BANUN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
Publisher : Prodi PIAUD STAI Al Badar Cipulus Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Pendidikan karakter telah menjadi perhatian utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan remaja. Salah satu aspek penting dalam pembentukan karakter adalah kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan karakter dalam meningkatkan kepercayaan diri Peserta Didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan sejumlah remaja serta pengamatan terhadap proses pendidikan karakter di sebuah sekolah menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Pendidikan karakter membantu peserta didik mengembangkan nilai-nilai seperti kejujuran, rasa tanggung jawab, empati, dan integritas. Dengan memiliki nilai- nilai tersebut, peserta didik menjadi lebih yakin dalam menghadapi berbagai situasi dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Kepercayaan Diri, Peserta Didik. ABSTRACT: Character education has become a major concern in efforts to improve the quality of adolescent education. One important aspect in character building is self-confidence. This research aims to examine the role of character education in increasing students' self-confidence. This research uses a qualitative research method with a case study approach. Data was collected through in-depth interviews with a number of teenagers as well as observations of the character education process in a secondary school. The research results show that character education has a significant role in increasing students' self-confidence. Character education helps students develop values ​​such as honesty, a sense of responsibility, empathy and integrity. By having these values, students become more confident in facing various situations and challenges in everyday life. Keywords: Character Education, Self-Confidence, Students.

Page 1 of 3 | Total Record : 30