Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 6, No 3 (2024)

PENGEMBANGAN LMS BERBASIS MOODLE PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

Faizatul Amira (Unknown)
Pramudya Dwi Aristya Putra (Prodi Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Jember)
Ulin Nuha (Prodi Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah guna mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari LMS berbasis moodle yang dikembangkan. Model pengembangan yang diterapkan ialah model pengembangan Plomp yang tersusun dari tiga tahapan, yaitu preliminary research (investigasi awal), prototyping phase (perancangan prototipe), dan assesment phase (penilaian). Subjek uji coba produk yaitu siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Jember tahun ajaran 2022/2023. Hasil dari penelitian antara lain: 1) uji validitas produk mendapatkan hasil sebesar 93% dengan kategori sangat valid dan dapat dipergunakan dalam pembelajaran; 2) uji kepraktisan produk mendapatkan hasil akhir sebesar 95% dengan kategori sangat praktis; 3) uji keefektifan produk dalam meningkatkan motivasi belajar mendapatkan skor N-gain sebesar 0,70 dengan kategori tinggi; 4) uji keefektifan produk dalam meningkatkan hasil belajar mendapatkan skor N-gain sebesar 0,63 dengan kategori sedang; dan 5) tingkat keefektifan LMS berbasis moodle berdasarkan respon siswa sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa LMS berbasis moodle valid, praktis, dan efektif, serta dapat dipergunakan dalam pembelajaran IPA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...