PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 2 No. 03 (2024): MEI 2024

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN SISWA SMA NEGERI JOGOROTO DALAM PELAKSANAAN PONDOK RAMADHAN DI PONPES AL-URWATUL WUTSQO JOMBANG

Sunardi (Unknown)
Muhammad Aman Ma’mun (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2024

Abstract

Dalam konteks modern yang kompleks, di mana remaja dihadapkan pada berbagai tantangan spiritual dan sosial, Pondok Ramadhan menjadi sebuah wahana yang sangat penting dalam membentuk pemahaman agama yang mendalam dan memperkuat nilai-nilai moralitas. Pelatihan dan pendampingan ini tidak hanya relevan dengan tuntutan zaman, tetapi juga memberikan solusi konkret dalam menghadapi tantangan masa kini. pelatiahan ini menggunakan metode mulai dari perencanaan program, Identifikasi Kebutuhan Siswa, Pemilihan Metode Pembelajaran, Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan, Evaluasi dan Umpan Balik. Hasil dari Pelatihan dan pendampingan siswa SMA Negeri Jogoroto dalam pelaksanaan Pondok Ramadhan di Ponpes al-Urwatul Wutsqo membawa manfaat yang signifikan bagi siswa dalam memperdalam pemahaman agama, memperkuat nilai-nilai moralitas, dan mengembangkan sikap toleransi. Melalui pendekatan yang holistik dan terintegrasi, siswa tidak hanya menjalani ibadah ritual, tetapi juga diberikan pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam dan diberikan kesempatan untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pelatihan ini berperan penting dalam membentuk karakter dan sikap positif siswa, serta membantu mereka menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi dalam masyarakat modern

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...