PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 2 No. 04 (2024): JULI 2024

WORKSHOP PEMANFAATAN EDUGAME INTERAKTIF DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DI SMA NEGERI 1 PARITTIGA

Aditya Ahmad Fauzi (Universitas Pertiba)
Fithriawan Nugroho (Universitas Pertiba)
Adisuputra (Universitas Pertiba)
Rahmad Firdaus (Universitas Pertiba)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Undang Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 menjelaskan bahwa manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya, karena pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran. Dunia pendidikan saat ini mengalami transformasi yang luas dan cepat sebagai akibat dari pertumbuhan pesat dalam teknologi dan ilmu pengetahuan. Berdasarkan implementasi kurikulum merdeka saat ini, pemanfaatan teknologi dapat menjadi pilihan guru untuk melaksanakan pembelajaran diferensiasi di kelas. Adapun dengan berbasis Multimedia Interaktif banyak kita jumpai pada saat ini, diantaranya Kahoot! dan Quizizz, kedua platform ini memungkinkan guru untuk bisa menggunakanya, selain lebih mudah digunakan tampilan pada menu nya mudah di pahami. Namun permasalahan yang masih sering dijumpai di beberapa sekolah adalah masih kurangnya kemampuan para guru dalam mengadopsi perkembangan teknologi informasi, terutama komputer, selain itu guru masih kesulitan dalam menemukan sumber atau media pembelajaran yang tepat dan memiliki keefektifan yang tinggi. Dalam pengabdian masyarakat ini mendapatkan hasil dimana para Guru di SMAN 1 Parittiga dapat memanfaatkan edugame interaktif dalam kegiatan pembelajaran berbasis multimedia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...