Industrial & System Engineering Journals (ISEJOU)
Vol 2 No 2 (2024): ISEJOU, Vol 2, No 2 Juni 2024

Analisa Perbaikan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Service Quality Studi Kasus (Restoran AKS)

Moh. Ainul Fais (Universitas W. R. Supratman Surabay)
Silvana Mohamad (Universitas 45 Surabaya)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Bisnis restoran makanan atau kuliner sangat bergantung pada pelayanan pelanggan agar usaha yang dijalankan mendapatkan simpati dan kesetiaan pelanggan. Metode Service Quality adalah salah satu alat ukur untuk mengetahui kinerja pelayanan yang telah diberikan oleh pegawai terhadap pelanggan, sehingga pemilik usaha mampu mengevaluasi dengan tepat komponen pelayanan yang mana harus diperbaiki. Dimensi dalam Service Quality adalah tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, dari kelima dimensi tersebut kita mampu mengetahui kinerja dari pelayanan yang mana harus diperbaiki. Penelitian ini dilakukan pada restoran AKS yang dimana restoran ini mengalami penurunan pesanan perhari dikarenakan semenjak selesai pandemi Covid-19 berganti pengelolahan dan mengakibatkan pelayanan yang diberikan kurang maksimal. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komponen pelayanan yang harus diperbaiki pada restoran AKS. Hasil olah data menunjukkan ada 6 atribut yang mendapatkan nilai negatif yaitu pada atribut X1, X2, X4, X10, X13, dan X15 sehingga restoran AKS perlu melakukan evaluasi atau perbaikan kualitas pelayanan. Sehingga restoran AKS mampu mendapatkan hasil penjualan yang optimal dan mampu ikut serta untuk mendapatkan persaingan dalam bisnis restoran makanan yang semakin ketat. Kata Kunci: Kinerja Pelayanan, Kualitas Pelayanan Pelanggan, Kuliner, Service Quality

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

isejou

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Transportation

Description

Industrial & System Engineering Journals (ISEJOU) focused to: Engineering Management, Supply Chain Management, Ergonomics and Human Factors, Work Design and Measurement, Operations Research and Analysis, Engineering Economic Analysis, Facilities Engineering and Energy Management, Quality and ...