Complex : Jurnal Multidisiplin Ilmu Nasional
Vol. 1 No. 2 (2024): COMPLEX - Agustus

Pengelolaan Kurikulum yang Baik Sebagai Penunjang Keberhasilan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Jihan Alfi (Unknown)
Latifah Tuzzakiyah (Unknown)
Meilani Aliya Sakinah (Unknown)
Muhammad Ali Maksum (Unknown)
Nadila Putri Andini (Unknown)
Widiya Lestari (Unknown)
Ani Marlia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Meningkatkan keberhasilan belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) membutuhkan sinergi berbagai faktor, termasuk kurikulum dan sarana prasarana yang memadai. Penelitian ini, menggunakan pendekatan studi literatur kualitatif, mengkaji peran penting kedua faktor tersebut dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif. Data dikumpulkan melalui berbagai sumber terpercaya seperti buku, artikel ilmiah dari jurnal bereputasi, koran, dan majalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kurikulum yang baik secara signifikan berdampak positif pada pencapaian hasil belajar siswa. Pengelolaan kurikulum yang terencana dengan matang, tersusun rapi, dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, menjadi kunci utama dalam mencapai target yang telah ditetapkan. Sekolah dengan pengelolaan kurikulum yang baik, terbukti mampu meningkatkan tingkat keberhasilan belajar siswanya. Oleh karena itu, investasi dalam pengembangan kurikulum dan penyediaan sarana prasarana yang memadai, menjadi langkah krusial bagi MI dalam mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang berprestasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

complex

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal ini mendedikasikan dirinya untuk menggali keberagaman dan mendukung integrasi pengetahuan melalui pendekatan multidisiplin ilmu nasional. Mengacu pada berbagai bidang ilmu, seperti sains, teknologi, kedokteran, sosial, humaniora, dan seni, jurnal ini bertujuan untuk merangkul kompleksitas ...