Meningkatkan keberhasilan belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) membutuhkan sinergi berbagai faktor, termasuk kurikulum dan sarana prasarana yang memadai. Penelitian ini, menggunakan pendekatan studi literatur kualitatif, mengkaji peran penting kedua faktor tersebut dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif. Data dikumpulkan melalui berbagai sumber terpercaya seperti buku, artikel ilmiah dari jurnal bereputasi, koran, dan majalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kurikulum yang baik secara signifikan berdampak positif pada pencapaian hasil belajar siswa. Pengelolaan kurikulum yang terencana dengan matang, tersusun rapi, dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, menjadi kunci utama dalam mencapai target yang telah ditetapkan. Sekolah dengan pengelolaan kurikulum yang baik, terbukti mampu meningkatkan tingkat keberhasilan belajar siswanya. Oleh karena itu, investasi dalam pengembangan kurikulum dan penyediaan sarana prasarana yang memadai, menjadi langkah krusial bagi MI dalam mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang berprestasi.
Copyrights © 2024