Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 5 No 1 (2025): DE_Journal

STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MEN

Sari, Nova Yunita (Unknown)
Simarmata, Christi Natalia (Unknown)
Sipayung, Eni Meliani (Unknown)
Gultom, Febriana Jovanka (Unknown)
Munthe, Lesmita (Unknown)
Gulo, Lovi Ellyta (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 menuntut strategi yang tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemandirian siswa. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dalam mendorong kemandirian dan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, yang mengkaji berbagai literatur ilmiah dan sumber relevan terkait PjBL, kemandirian belajar, dan kreativitas. Hasil kajian menunjukkan bahwa PjBL mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui pelibatan aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proyek. Di sisi lain, kreativitas siswa turut berkembang karena adanya ruang untuk berpikir bebas, eksploratif, dan solutif dalam menyelesaikan tantangan proyek. Kendati demikian, penerapan strategi ini menghadapi tantangan, seperti kesiapan guru, keterbatasan waktu, dan ketersediaan sumber daya. Oleh karena itu, integrasi PjBL dalam sistem pendidikan memerlukan perencanaan yang matang serta dukungan dari berbagai pihak. Kesimpulannya, PjBL merupakan strategi yang potensial untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan memberdayakan siswa secara holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...