Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 1 No 2 (2020): Desember

PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF MELALUI METODE KNOWSHARE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI PADA MATA KULIAH STATISTIKA

Siahaan, Theresia Monika (Unknown)
Siahaan, Rina Devi Romauli (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Ditengah problematika yang dirasakan oleh satuan pendidikan, pada tahun 2020 dunia dihadapkan dengan tantangan baru yakni industri 4.0 atau era baru industri yang biasa disebut dengan data technology. Oleh karena itu, diperlukan penelitian yang mengembangkan suatu modul digital interaktif melalui metode knowshare dengan harapan mampu mendorong keterampilan numerasi mahasiswa sehingga mampu mendukung program merdeka belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tahapan proses pengembangan media modul digital interaktif melalui metode knowshare. Penelitian ini menghasilkan produk modul digital interaktif melalui metode knowshare yang dapat digunakan dalam pembelajaran oleh mahasiswa. Penelitian pengembangan ini berdasarkan dari cara pengembangan Borg and Gall, dan hanya dilakukan sampai lima tahap, yakni: 1) Research and information collecting (mencari dan mengumpulkan data); 2) Planning (perencanaan); 3) Develop preliminary form of product (mengembangkan bentuk produk awal); 4) Preliminary field testing (uji coba lapangan awal); dan 5) Main product revision (revisi hasil uji coba lapangan awal). Metode pengumpulan data berupa skala likert digunakan dalam penelitian ini. Validasi media dilakukan oleh ahli metode knowshare dan satu ahli media pembelajaran. Luaran wajib ditargetkan adalah Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 1-6. Kualitas produk meliputi aspek (1) kevalidan, yakni sebesar 83, 30% yakni kategori sangat valid untuk materi dan 94,44% yakni kategori sangat valid untuk media; (2) kepraktisan, yakni sebesar 84,23% yang berarti sangat praktis; dan (3) keefektifan, yakni 80% yang berarti efektif. Hasilnya adalah modul pembelajaran digital interaktif ini dilayak dimanfaatkan dalam perkuliahan matakuliah struktur aljabar dan matematika diskrit.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...