Jurnal Suloh
Vol 4, No 2 (2019): Desember 2019

Profil ketahanan akademik siswa di tengah arus tantangan revolusi industri 4.0

Fadhil Muhammad (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2020

Abstract

Tantangan terbesar yang dialami oleh siswa dalam perkembangan revolusi industri 4.0 di Indonesia saat ini adalah kemampuan siswa untuk menghadapi tuntutan akademik. Perubahan budaya akademik, pembaruan sistem kurikulum yang relatif cepat, kegelisahan dan kebingungan dalam menentukan karir adalah serangkaian tuntutan akademik di era Revolusi Industri 4.0. Berbagai tuntutan dan tantangan akademis berpotensi menyebabkan tekanan akademik di kalangan siswa yang cenderung berdampak negatif pada pola belajar siswa dan perkembangan psikologis siswa di sekolah. Adapun artikel ini bertujuan untuk menggambarkan profil ketahanan akademik siswa di unit pendidikan formal, yang berfokus pada ruang lingkup dan batas-batasannya. Oleh karena itu, artikel ini diharapkan dapat berkontribusi secara  praktis dan teoritis di dunia pendidikan, terutama studi yang terlibat dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

suloh

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Suloh is an open access journal by the Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia. The journal presents research and development in the field of Guidance and Counselling In School and Outside School, ...