Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah
Vol 8, No 2 (2023): JENDELA PLS

Peran Tutor dalam Layanan Pembelajaran Komputer di Lembaga Kursus Pelatihan Elmuna Klirong Kebumen

Tiara Asty Ananda (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Imam Shofwan (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Pentingnya peran seorang Tutor dalam Lembaga Kursus dan Pelatihan begitu penting sebab perannya dalam memberikan pembelajaran langsung bagi peserta didik. Hal yang demikian juga berlaku dalam pembelajaran komputer sebagai bagian dari kerangka kurikulum pendidikan yang memiliki peran penting, mengingat komputer merupakan kebutuhan fundamental dalam sektor kehidupan manusia diera serba digital seperti sekarang ini. Sebab itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran Tutor dalam memberikan Layanan Pembelajaran Komputer di Lembaga Kursus Pelatihan Elmuna Klirong. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Tutor di LKP Elmuna Klirong telah melaksanakan peran mereka diantaranya sebagai Informator, Organisator, Motivator, Pengarah/Director, Inisiator, Transmitter, Fasilitator, Mediator, dan Evaluator dengan cukup baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Jendela PLS meliputi : Pengembangan sosial dan pembangunan masyarakat pendidikan orang dewasa dan andragogi pendidikan keluarga, gender dan anak usia dini pendidikan kecakapan hidup pemberdayaan masyarakat model, strategi dan metode pelatihan dan kursus model, strategi dan ...