Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui deskripsi motivasi belajar, kebiasaan belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari; (2) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari; (3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari; (4) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif motivasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari. Data diperoleh dari instrumen angket serta dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) motivasi belajar siswa dalam kategori sedang yaitu sebanyak 60 siswa; kebiasaan belajar siswa kategori sedang yaitu sebanyak 59 siswa; hasil belajar matematika siswa sebagian besar dalam kategori kurang yaitu sebanyak 98 siswa; (2) motivasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa; (3) motivasi belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa; (4) kebiasaan belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.
Copyrights © 2023